Selasa, 19 Juli 2016

PERAN DOSEN DALAM MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI KABUPATEN GARUT - Ole Dr. H. Maman Sutarman, M.M.Pd


ABSTRAKSI
peran dosen, sebagai soko guru dalam pembangunan manusia (human development) seutuhnya menuju kepada masyarakat yang adil, makmur dan bermartabat sesuai dengan palsafah Negara Pancasila dan Undang Udang Dasar 1945, yang bersumber dari Al-Quranul karim dan Assunah nabi Muhammad Solalohu`alaihi Wassalam. Dosen merupakan ujung tombak dalam meningkatkan proses dan hasil belajar (processes and learning outcomes) mahasiswa yang menjadi asuhannya, proses yaitu pengolahan barang atau jasa dari bahan baku atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi. sehingga mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan yang dimaksud hasil adalah keluaran dari pada proses. Maka untuk membentuk proses dan hasil belajar mahasiswa, maka dosen mempunyai funsi yaitu : Dosen sebagai pengajar, dosen sebagai pendidik, dosen sebagai pembimbing, dosen sebagai motivator, dosen sebagai penilai, Walupun peran dosen dalam melakukan proses dan hasil belajar mahasiswa banyak sekali, tetapi dalam penulisan ini agar terfokus kepada permasalahan sampai mendetail, maka penulis mengambil dua peran dosen dalam penulisan ini. Yaitu peran dosen sebagai pengajar dan dosen berperan sebagai pendidik
Kata Kunci : Dosen, Pengajar, pendidik, Proses belajar, hasil belajar


ABSTRACT
lecturer's role, as the cornerstone of human development to the whole society towards a fair, prosperous and dignified in accordance with the State palsafah Shrimp Pancasila and the Constitution of 1945, which is derived from al-karim and Assunah Quranul Solalohu`alaihi Regards Muhammad. Lecturer at the forefront of improving the process and outcomes of learning of students who became her care, namely the processing of goods or services from raw materials or semi-finished materials into finished goods. so it has a value to meet human needs. While the definition of outcomes is the output of the process. Then to establish processes and learning outcomes of students, the faculty has the function is as follows: Lecturer as teacher, lecturer as an educator, lecturer as tutor, lecturer as a motivator, lecturer as assessor, Even though the role of the faculty in the process and a lot of student learning outcomes, but in this paper focuses on the problem in order to detail, the author takes two roles in this writing lecturer. That is the role of faculty as teachers and lecturers act as educators.

Keywords: Lecturers, Teachers, educators, learning process, learning outcomes



                   A.    Latar Belakang Penulisan

Diabad modern ini amatlah diperlukan peran dosen, sebagai soko guru dalam pembangunan manusia seutuhnya menuju kepada masyarakat yang adil, makmur dan bermartabat sesuai dengan palsafah Negara Pancasila dan Undang Udang Dasar 1945, yang bersumber dari Al-Quranul karim dan Assunah nabi Muhammad Solalohu`alaihi Wassalam.
Dosen merupakan ujung tombak dalam meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa yang menjadi asuhannya, proses yaitu pengolahan barang atau jasa dari bahan baku atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi, dalam kata lain merubah input menjadi output, sehingga mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan yang dimaksud hasil adalah keluaran dari pada proses. Hal tersebut dapat penulis gambarkan dalam gambar sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Basic Construction of Sharia Economic Law Based on Ushul Fiqh Asy-Syafi'i (Critical Analysis of the Book of Ar-Risalah)   Imam Sha...